Team Building Leadership Training

 

Latar Belakang

Banyak cara untuk menghilangkan kejenuhan, salah satunya adalah penyegaran kembali melalui kegiatan rekreasi inovatif yang dilakukan dengan menggunakan media alam.
Kegiatan ini merupakan kegiatan alternatif yang mampu menciptakan suasana segar dan menyehatkan tetapi juga ada value-added yang berusaha ditonjolkan dari setiap permainan sehingga peseta tidak hanya merasakan senang saja, tetapi juga merasakan adanya penambahan pengalaman baru serta pengetahuan baru yang bermanfaat.
Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan peserta mendapatkan stimulan baru yang bisa menghilangkan kejenuhan dan meningkatkan suasana kekeluargaan di antara peserta sehingga dapat kembali bekerja dengan stamina dan produktivitas yang prima.

 

Workshop outcome

  • Membangun visi pribadi untuk menjadi pemimpin yang utuh
  • Bekerjasama dengan rekan kerja secara dinamis
  • Membangun komunikasi yang positif dengan semua pihak
  • Memiliki sikap positif sehingga mampu menghilangkan personal block dalam berhubungan dengan rekan kerja
  • Menciptakan suasana relaks dan menyenangkan antar sesama rekan kerja
  • Menciptakan dan mempererat rasa persaudaraan dan kebersamaan di antara sesama peserta
  • Dalam implikasinya di pekerjaan, diharapkan dapat menciptakan suasana akrab, sikap kerjasama dan tenggang rasa dalam pekerjaan sehari-hari
  • Meningkatkan sportifitas yang tinggi dengan harapan akan diterapkan juga di dalam suasana kerja sehari-hari

 

Materi atau kerangka workshop

  • Materi Team Building (in-door) à Ibu. Dra.Mustika Tarigan M.Psi
  • Ice Breaking à Team Outbond
  • Self Motivation à Ibu Dra. Mustika Tarigan M.Psi
  • Tembak reaksi à Team Outbound
  • Tembak target à Team Outbound
  • Perang beregu à Team Outbound
  • Pelepasan sandra à Team Outbound
  • OutboundTimebomb dan Trust fall à Team Outbound
  • Api Unggun  à Team Outbound
Ice Breaking ala Militer
Mengenalkan dasar – dasar tentang penggunaan senjata, safety juga mencairkan dan menyejukkan suasana untuk saling mengenal lebih jauh, sehingga tercipta kekompakan dan permainan yang akan dilakukan akan berjalan dengan baik.
Tembak Target/ Sasaran
Dalam permainan ini terdapat muatan-muatan yang artinya melumpuhkan karakter seseorang dari sifat – sifat negatif yang mungkin dimilikinya. (seperti: angkuh, sombong, dengki, korup dll)
Tembak Reaksi / Aral Rintang
Dalam mencapai sebuah tujuan, seringkali kita menemui dan harus melalui rintangan dan hambatan. Sehingga kita harus bekerja keras, dan pantang menyerah dalam menghadapi rintangan dan hambatan tersebut, dan tetap harus fokus pada tujuan semula. Disinilah diperlukan adanya kesabaran, ketenangan dan konsentrasi.Dalam permainan ini akan mengasah bagaimana mengendalikan kesabaran, ketenangan dan konsentrasi yang tinggi.
Time Bomb
Dalam permainan ini akan melatih kebersamaan juga bagaimana menghadapi  kondisi darurat, dan ketika apa yang kita harapkan dan inginkan sudah tercapai, seringkali kita sudah merasa puas. Dalam permainan ini juga akan dilatih bagaimana kita tidak mudah lengah, bagaimana perlunya menjaga kehati – hatian juga bagaimana pentingnya kerjasama team yang baik dalam menghadapi suatu masalah.
Perang Beregu
Dalam permainan ini akan mengasah dan melatih sportifitas, kejujuran, kebersamaan, juga kekompakan team. Dengan permainan ini kita juga akan mengetahui bagaimana karakter atau sifat seseorang, dari sisi emosionalnya, ketenangannya dalam menghadapi suatu masalah, juga kekompakan dalam bekerjasama dengan teamnya. Permainan ini dapat digunakan untuk mencari sosok yang pantas menjadi seorang leader.
Perang Pelepasan Sandra
Dalam permainan ini mengajarkan bagaimana mempertahankan team yg solid. Menyadarkan bahwa kita bahwa hidup tidak bisa untuk saling cuek dan tidak peduli terhadap sesama, tetapi harus saling membantu dan saling peduli terhadap sesama. Ketika kita saling membantu, kompak dan solid, maka konsep –konsep ataupun ide – ide yang dimunculkan dalam membesarkan team akan dengan mudah dilakukan.
Trustfall
Dalam permainan ini kita akan belajar bagaimana mempercayai orang lain dan team. Bagaimana kita tidak selalu curiga terhadap orang lain, juga belajar mengambil keputusan yang cepat dan tepat. Selain itu, dengan permainan ini kita bisa belajar untuk keluar dari kondisi dan situasi yang sangat kritis yang mungkin kita hadapi.
Metode dan pendekatan workshop
Workshop yang interaktif dan hands on learning melalui ceramah, diskusi, simulasi dan latihan dengan kasus yang akan mendorong suasana belajar yang dinamis dan produktif.
Fasilitator akan selalu menjelaskan konsep. Metodologi dan contoh yang kongkrit sehingga para peserta akan mampu menyerap dan mengaplikasikan dalam latihan yang telah disiapkan.
Durasi Waktu
Workshop team building leadership training berdurasi waktu 12 jam efektif